Cara Penggunaan

Bagaimana Memasang Pompa Air Rumah Tangga

Air begitu penting buat kehidupan sehari hari. Saya tinggal di kota Kupang, NTT. Saya tau betul bagaimana rasanya sehari atau 2 hari tanpa air bersih mengalir. Di kota kami, air dari PAM selalu membuat harap harap cemas. Sampai hari ini, Bulan November 2017 , air bersih masih menjadi kendala bagi penduduk di Pulau Timor ini. Demikian sekilas cerita tentang daerah kami.Untuk mengimbangi kemacetan air bersih ini, rumah rumah memang sebaiknya mempunyai bak penampung air / tandon air. Dengan begitu maka kelebihan air yang keluar dari PAM harus kita tampung. Dengan adanya tandon air , kita masih mempunyai peluang untuk beli air bersih dari penjual air / mobil tanki air.

Pentingnya ada bak tampungan / tandon air dirumah rumah , tidaklah terlepas dengan pentingnya barang yang satu ini, yaitu Pompa Air. Pompa air yang digunakan untuk rumah tangga , hampir semuanya adalah pompa tenaga air listrik. Penulis ingin membahas bagaimana cara memasang pompa air atau bagaimana instalasi pompa air ke pipa rumah. Sebagai penjual pompa air di toko , penulis sering menghadapi pertanyaan , dan juga keluhan mengenai sulitnya cara pasang pompa. Mudah mudahan dengan adanya tulisan ini , calon pembeli pompa air semua dapat ikut terbantu.

[woodmart_title align=”left” title=”Persiapan Alat dan Informasi”]
  • Mengetahui berapa daya listrik rumah.
  • Mengetahui berapa jarak horisontal dan vertical dari bak penampung / tandon ke tempat air yang baru / tempat pemakaian air.
  • Mencari / membeli Pompa yang sesuai.
[woodmart_button color=”primary” style=”round” size=”small” align=”left” title=”Klik Di Sini, Beberapa Pilihan Pompa Air di Nagastar” link=”url:http%3A%2F%2Fwp.nagastar.com%2Fproduct-category%2Fwaterpump%2F||target:%20_blank|”]

Mohon diingat, selalu sesuaikan mesin pompa yang akan dibeli dengan kebutuhan dan daya listrik yang ada.

 

  • Siapkan Pipa Hisap , pada umumnya ukuran 1″.
  • Siapkan Pipa Keluaran , ini sesuai selera anda.
  • Siapkan Kunci Pipa , Seal Tape (selotip) , Sambungan Pipa
  • Lem Pipa PVC , jika menggunakan pipa pvc.
  • Gergaji Besi / Pemotong Pipa PVC
  • Foot Klep Pipa , umumnya ukuran 1″
  • Amplas Kertas Kasar sedikit saja , mungkin cukup 1 sobekan aja.
[woodmart_title align=”left” title=”Pemasangan Pompa AIr”]

Pipa Hisap dipotong sesuai dengan ukuran yang diperlukan. Di usahakan jangan banyak belokan / tikungan pada bentuk pipa hisapnya. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi daya hisap daripada pompa. Bentuk ideal pipa hisap adalah langsung turun ke bawah.

Setiap sambungan pipa seperti knee / elbow pvc, socket pvc harus diamplas dulu bagian dalamnya sedikit sedikit aja sehingga permukaannya menjadi kasar. Ini nanti tujuannya agar waktu pengeleman dapat rapat betul , tidak meninggalkan ruang udara. Kemudian , semua sambungan pipa yang berdrat harus diberi seal tape melingkari drat itu. Ini juga bertujuan agar menutup semua celah udara yang ada.

Mohon perhatiannya,  Pada bagian penghisapan harus dikerjakan dengan sabar dan rapi. Lem setelah dioleskan , sebaiknya diberi waktu untuk lem mengering dengan bagus. Buru buru dalam pengerjaan di bagian penghisapan ini , akan menyebabkan lem belum kering sempurna lalu waktu dicelupkan di air, maka udara keluar lewat rongga celah kecil itu. Pompa akhirnya tidak mampu menghisap air , karena kurangnya tekanan dalam pipa hisap. Jangan lupa pada ujung pipa yang nanti di bagian bawah sumur / tandon , harus diberi footklep + saringan, agar pipa hisap selalu dalam keadaan terisi air , dan terhindar dari benda berpasir masuk ke pompa.

Untuk bagian pipa keluaran , silahkan ikuti saja arah mau ditampung kemana air yang telah dihisap itu. Bagian pipa keluaran tidak terlalu ‘sdeteail’ di bagian penghisapan. Bagian ini cenderung lebih mudah. Karena bila misal terjadi kebocoran udara / air, dibagian mana itu langsung dapat diketahui dan segera diperbaiki. Tentu kalau mau hasil bagus , baik bagian keluaran maupun hisap harus dikerjakan dengan baik dan rapi.

Model skema pemasangan dapat dilihat pada diagram skema dibawah.

[woodmart_title align=”left” title=”Gambar Pemasangan Pompa AIr”]
[woodmart_gallery images=”1483″ view=”grid” spacing=”30″ columns=”1″ caption=”” lightbox=”yes” img_size=”1200×600″]

Setelah semua terpasang dengan baik. Kita masuk pada tahap persiapan penyalaan pompa airnya. Sebelumnya kita buka dulu tutup pancingan air pada pompa. Kemudian tuanglah air sampai ruang air bagian hisap tersebut penuh. Tutup kembali penutupnya. Lalu nyalakan pompa airnya , sambil buka kran air outputnya. Tunggu penyalaan sambil dengarkan bunyinya. Bunyi pompa air akan mendenging semakin kuat ketika air sudah terhisap. Periksa kembali dimana terjadi kebocoran , lalu segera lakukan perbaikan. Agar pompa dapat bekerja dengan baik, daya listrik tidak terbuang percuma.

Dalam Penulisan kali ini, kami hanya ingin fokus dulu di pembahasan mengenai cara pasang pompa yang umum untuk rumah tangga. Ada beberapa kondisi yang mungkin di rumah itu harus mengambil air yang sumber nya dari sumur. Untuk pembahasan ini , semuanya kita asumsikan dengan dalamnya sumur / tandon atau ketebalan air tidaklah lebih dari 9 meter.

Karena pada pembahasan ini, kita fokus di pompa air yang daya hisapnya dangkal, yaitu pompa air yang  berdaya hisap 9 meter. Hitungan 9 meter adalah dimulai dari mulut pompa, tidak memandang jarak secara horisontal ataupun vertikal. Oleh karena itu, pompa ini harus diletakan sedekat mungkin dengan sumber airnya.

[woodmart_button color=”primary” style=”round” size=”small” align=”center” title=”Klik disini – untuk memilih pompa yang tepat buat anda. Hanya di nagastar.com” link=”url:http%3A%2F%2Fwp.nagastar.com%2Fproduct-category%2Fwaterpump%2F|||”]

Nantikan pembahasan kami pada pemasangan pompa air jenis lain nya.

2 thoughts on “Bagaimana Memasang Pompa Air Rumah Tangga

  1. Christian Mulyono berkata:

    Ada cara2 bagaimana memasang pompa air dgn benar shingga hasilnya optimal dgn produk pompa yg dibeli. Baik juga sehingga kita tdk perlu khawatir produk yg kita beli pasti bisa digunakan dan berfungsi dgn baik.Terima kasih atas infonya.

    1. admin berkata:

      Terima Kasih sudah membaca “Bagaimana Memasang Pompa Air Rumah Tangga”. Apabila ada kesulitan , silahkan menghubungi kami dapat melalui telegram di @nagastarbot.
      Kami akan berusaha untuk mencari solusinya. Trims.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *