Mengenal Produk

4 Jenis Bahan Pemadam Pada APAR

4 Jenis Bahan Pemadam Pada APAR

APAR atau Alat Pemadam Api Ringan adalah alat berupa tabung yang diisi dengan bahan kimia khusus yang tertera pada stiker tabung. Zat pada tabung ini dapat memadamkan api dengan mudah, dengan catatan menggunakan APAR yang sesuai dengan klasifikasi atau tingkatan kebakaran yang dimaksud.

Berikut ini kami mengajak anda untuk lebih mengenal bahan-bahan pemadam pada APAR:

 

1. Dry Chemical

Sumber foto: thefiresafestore.com

Perpaduan dari bahan fosfat mono-amonium dan ammonium sulphate. Karakteristik gabungan dari kedua bahan ini yaitu sifat yang sangat kering dengan titik didih yang tinggi sehingga dapat mengganggu reaksi kimia pada zona kebakaran.

Bahan dry chemical mampu mengurangi masuknya oksigen yang dapat membuat api kebakaran menjadi besar. Biasanya bahan ini mampu digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas A.B. dan C.

 

 

 

 

 

2. Carbon dioxide (Co2)

Sumber foto: indiamart.com

Biasa disebut dengan karbon dioksida, yang merupakan senyawa kimia yang terbentuk dari kegiatan alamiah dan kegiatan manusia. Karbon dioksida memiliki kemampuan memadamkan api kelas B dan C.

Karena sifatnya yang mampu menyerap panas, mendinginkan, dan tidak menimbulkan residu dari hasil pemadaman, APAR dengan jenis bahan ini sangat cocok digunakan untuk area kebakaran di indoor (dalam ruangan).

 

 

 

 

 

 

3. Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam)

Sumber foto: safefiredirect.co.uk

Kombinasi dari bahan air dan hidrokarbon sehingga mampu melawan zat yang bersifat sebagai pemicu terhadap kebakaran seperti alkohol, bensin, dsb. Cara kerjanya adalah dengan memberikan lapisan selimut terhadap zat yang bereaksi menyebabkan kebakaran, dan melarutkan atau mengurangi sifat mudah terbakar dari zat tersebut.

APAR dengan bahan ini cocok untuk memadamkan api kelas B, namun tidak cocok untuk kelas C karena bisa menyebabkan pengguna tersengat arus listrik.

 

 

 

 

 

4. Client Agent (Gas pengganti Hallon) / HFC 141B

Sumber foto: indiamart.com

Perpaduan dari senyawa dari 1,1-dichloro-1-fluoroethane dan Chemical Abstracts. Kelebihan dari senyawa HCFC saat digunakan sebagai bahan untuk APAR adalah, tidak meninggalkan residu, tidak bersifat konduktor, dan cocok untuk memadamkan api kelas A, B, dan C.

 

 

 

 

 

 

Kini anda sudah mengenal jenis-jenis bahan yang digunakan untuk APAR. Semoga informasi ini semakin memperluas wawasan anda dalam dunia keselamatan kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *