Mengenal Produk

Kenali 8 Warna Helm Safety Beserta Fungsi Masing-masing, Sudahkah Anda Tahu?

Kenali 8 Warna Helm Safety Beserta Fungsi Masing-masing, Sudahkah Anda Tahu?

Helm safety yang biasa digunakan oleh para pekerja proyek pembangunan bukanlah sama seperti dengan jenis helm yang biasa kita gunakan untuk berkendara. Helm ini harus terlebih dahulu lolos melewati uji charpy untuk memberikan jaminan keamanan bagi penggunanya. Pernahkah anda penasaran, helm safety terdiri dari beragam warna yang berbeda-beda?

Ternyata, perbedaan warna untuk setiap helm safety ini bukanlah sekedar untuk memperindah desain, atau bahkan untuk selera fashion. Ada arti dan fungsi tersendiri dalam setiap warna yang digunakan untuk helm tersebut. Berikut ini, mari mengenali fungsi masing-masing helm safety berdasarkan warnanya.

 

Putih

Pertama, helm safety berwarna putih yang paling sering ditemui. Helm ini biasanya digunakan oleh manajer, pengawas (supervisor), dan mandor

 


Cokelat

Helm ini digunakan oleh tukang las atau pekerja dengan dengan menggunakan peralatan yang menghasilkan panas yang tinggi.

 

Hijau

Warna ini digunakan oleh pengawas keamanan site (safety inspector) dan pengawas lingkungan. Selain itu, helm warna ini juga bisa digunakan oleh pekerja baru atau pekerja dalam masa probation.

 

Biru

Khusus warna ini biasa digunakan oleh tukang kayu (carpenters), tukang listrik (electrician), dan konsultan teknik.

 

 

Kuning

Warna kuning adalah yang paling sering kita temukan di proyek. Biasanya, warna ini digunakan oleh pekerja umum atau operator mesin. Warnanya yang mencolok memang sengaja dipilih untuk pekerja yang umum agar pekerja akan lebih mudah terlihat jika ada kendaraan atau alat berat yang akan lewat. Sehingga diharapkan resiko kecelakaan bisa diminimalisir.

 

Abu-abu

Helm dengan warna abu-abu ini paling jarang digunakan, karena biasanya hanya digunakan oleh pengunjung proyek.

 

 

Merah

Dari warnanya saja mungkin kita sudah bisa menduga. Helm safety warna ini biasa digunakan oleh petugas pemadam kebakaran.

 

Pink

Terakhir, ada warna pink. Helm safety dengan warna ini biasa digunakan oleh pekerja yang lupa membawa helm mereka, atau bisa juga digunakan oleh pekerja baru atau pekerja magang.

 

Kini anda sudah mengetahui fungsi dari helm safety berdasarkan warnanya. Perlu dipahami bahwa prinsip Bhinneka Tunggal Ika juga berlaku pada proyek konstruksi. Walaupun berbeda warna, tapi mempunyai satu tujuan, yaitu agar proses konstruksi berjalan dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *