Mengenal Produk

4 Hal Penting Tentang Gerinda, Power Tools Dengan Beragam Fungsi

4 Hal Penting Tentang Gerinda, Power Tools Dengan Beragam Fungsi

Bagi siapapun yang bekerja pada proyek pertukangan, gerinda merupakan salah satu power tools yang paling dikenal sekaligus dibutuhkan. Semua yang bekerja dalam bidang ini pasti mengenal alat gerinda.

Bagi anda yang mungkin terbilang baru terjun dalam dunia pertukangan, tidak perlu malu dibilang ‘ketinggalan zaman’ hanya karena tidak mengenal gerinda. Berikut ini 4 hal penting tentang power tools serba guna ini yang wajib anda ketahui.

 

Sejarah Gerinda

Proses penggerindaan atau pengikisan logam sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh manusia sejak tahun 1700 masehi. Namun untuk alat atau mesin yang mampu meringankan proses penggerindaan sendiri, yang kemudian disebut gerinda, baru ditemukan pada 1969.

 

 

Jenis-jenis Gerinda

Pada perkembangannya, mesin gerinda banyak diciptakan dengan berbagai jenis dan model, disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan produk. Produk mesin gerinda yang beredar secara umum antara lain:

  1. gerinda permukaan (surface grinder)
  2. gerinda silinder (A cylindrical grinder)
  3. gerinda duduk (bench grinder)
  4. gerinda tangan (angle grinder)
  5. gerinda botol (hand grinder)
  6. gerinda yang digunakan tidak untuk logam, seperti dental grinder yang banyak digunakan oleh dokter gigi.

 

 

Beragam fungsi dari Gerinda

Secara umum, fungsi mesin gerinda adalah untuk mengikis permukaan logam agar menghasilkan bentuk permukaan yang diinginkan, juga digunakan untuk memotong logam.

Selain fungsi di atas, gerinda juga dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada permukaan logam, memotong keramik, mengampelas berbagai permukaan (besi, kayu, tembok), menghaluskan permukaan tembok atau cor, hingga untuk mengkilapkan permukaan logam (stainless steel, nickle, chrom).

 

Cara perawatannya

Perawatan untuk mesin gerinda tidaklah sulit untuk dilakukan. Cukup dengan melakukan penggantian carbon brush setiap 3000 jam pemakaian (sekitar 7 bulan, jika pemakaian setiap hari rata-rata selama 15 jam).

 

 

 

 

Demikianlah sedikit informasi penting mengenai mesin gerinda. Jangan lupa, agar pekerjaan berjalan lancar tanpa kendala yang tidak diinginkan, selalu gunakan peralatan keselamatan anda, mulai dari pelindung tangan, masker, hingga kacamata safety.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *