Cara Penggunaan

Ketahui Cara Mengebor yang Baik

Agar Aman dan Lancar, Ketahui Cara Mengebor yang Baik Berikut Ini!

Memiliki alat bor listrik sendiri di rumah tentu akan mempermudah kita untuk melakukan kegiatan perbaikan di rumah sendiri, atau bahkan sekedar untuk mempercantik tampilan hunian tercinta. Namun, penggunaan alat tersebut tentu akan sia-sia jika kita tidak mempratekkan cara mengebor yang baik dan sesuai prosedur.

Tenang saja, anda tidak perlu menjadi seseorang yang sudah professional dalam bidang proyek, untuk bisa memahami cara mengebor yang baik. Berikut ini kami jabarkan kepada anda tentang cara-cara mengebor yang baik, yang bisa anda praktekkan langsung!

 

Perhatikan posisi pengeboran

Posisi pengeboran yang tepat akan menghasilkan lubang yang sesuai (presisi) dengan ukuran mata bor yang Anda gunakan. Selain itu dengan posisi pengeboran yang benar, dapat membuat kerja mata bor menjadi efektif. Mata bor akan terjaga ketajamannya sehingga lebih awet.

Posisi pengeboran yang benar harus lurus 90° agar gaya tekan sempurna. Gunakan holder untuk meningkatan handling. Jangan lupa untuk regangkan otot tangan anda agar otot tangan tidak kejang selama mengebor.

 

Pastikan untuk menggunakan mata bor yang tepat

Ada tiga media yang digunakan dalam pengeboran, yaitu besi, kayu, dan beton (semen). Tiap-tiap media menggunakan mata bor yang berbeda, begitu pula dengan setelan kecepatan putaran mesin bor tersebut.

Untuk pengeboran pada media besi, anda baiknya menggunakan mata bor jenis HSS, Tincoated dan Cobalt. Perbedaan dari ketiganya bergantung pada tingkat kekerasan logam. Jenis HSS digunakan pada logam yang lunak, Tincoated untuk jenis logam dengan tingkat kekerasan sedang, dan Cobalt untuk logam yang keras (baja, stainless, dll).

Khusus untuk media beton, ada mata bor yang khusus digunakan, dan tidak bisa diganti dengan jenis mata bor yang lain. Mesin bor yang digunakan juga harus memiliki fitur Impact drill.

 

Mulailah dari yang kecil

Cara mengebor yang baik adalah secara bertahap, mulai dari yang terkecil hingga yang besar. Untuk mendapatkan hasil bor yang rapi dan halus, gunakan mata bor dari ukuran terkecil, kemudian ganti ke diameter lebih besar, dan seterusnya sampai ke diameter lubang yang diinginkan.

 

 

 

Sesuaikan kecepatan putar dari mesin bor anda

Selain mata bor, setelan kecepatan mesin bor yang digunakan juga sangat penting untuk diperhatikan.

Semakin kecil ukuran mata bor, maka kecepatan mesin harus menggunakan setelan maksimum. Kecepatan mesin sangat berpengaruh terhadap pengeboran dan berdampak pada efektivitas dan efisiensi pada hasil pengeboran, terutama bagi yang menggunakan media besi.

 

 

Gunakan bor listrik sesuai kebutuhan

Jika pengeboran media beton membutuhkan fitur impact drill, maka lain halnya untuk media kayu dan logam. Pengeboran pada dua media tidak memerlukan fitur impact, karena justru hanya akan menyebabkan patahnya mata bor, sehingga hasil pengeboran menjadi tidak presisi.

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan faktor keselamatan. Gunakan selalu sarung tangan, masker, dan kacamata safety agar tidak terjadi kecelakaan kerja.

 

 

 

Itulah 5 cara mengebor yang baik dan benar, agar dapat menghasilkan pengeboran yang terbaik. Semoga bermanfaat!!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *