Berita Lain

Kenali Jenis dan Spesifikasi Genset Berikut, Agar Anda Tak Salah Membeli

Kenali Jenis dan Spesifikasi Genset Berikut, Agar Anda Tak Salah Membeli

Genset adalah alat yang berfungsi menghasilkan energi listrik yang dapat digunakan sebagai pengganti energi listrik yang terputus, atau sebagai sumber listrik untuk area yang belum terdapat listrik.

Jika dulunya genset tidak banyak dimiliki, alias hanya kalangan atas atau penyedia jasa sewa alat listrik saja yang memiliki, kini hampir setiap rumah tangga memiliki genset. Alasan utamanya adalah dengan semakin banyaknya model dan tipe genset yang disederhanakan dan dibuat lebih modern, sangat berbeda dengan genset zaman dulu yang cenderung dianggap sebagai barang yang sulit digunakan.

Secara umum, jenis genset dibedakan menjadi dua berdasarkan bahan bakar yang digunakan, yaitu:

 

Sumber foto: homedepot.com

1. Gasoline Generators

Jenis pertama ini merupakan genset yang menggunakan bensin (gasoline) sebagai bahan bakar utama. Penggunaan bahan bakar jenis ini merupakan pengembangan dari teknologi genset terdahulu, dimana mayoritas menggunakan bahan bakar solar.

Berdasarkan teknologi yang diterapkan pada mesinnya, genset gasoline terbagi menjadi dua jenis, yaitu genset mesin 2 tak, dan genset mesin 4 tak.

Mesin 2 tak memiliki torsi yang besar dan komponen mesin yang lebih sedikit dari dibandingkan mesin 4 tak, sehingga 2 tak memiliki bentuk kecil dengan kapasitas yang kecil pula. Genset jenis ini biasanya tidak digunakan untuk usaha dagang dan lain-lain yang membutuhkan daya kecil (kurang dari 1000 watt).

Sedangkan mesin 4 tak lebih variatif. Tersedia dalam kapasitas mulai dari 1500 hingga 10.000 watt. Genset 4 tak bisa digunakan baik untuk pribadi hingga untuk usaha. Dari segi bahan bakar, genset jenis ini dianggap lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

 

Sumber foto: pinterest.co.uk

2. Diesel Generators

Pengguna genset berbahan dasar diesel zaman dahulu pasti mengenal merek “Dongfeng”. Ya, karena merek tersebut memang begitu populer di zaman dulu. Sampai-sampai masyarakat lebih terbiasa menyebut genset dengan nama Dongfeng.

Generator jenis diesel banyak diciptakan dengan kapasitas yang besar, dengan daya  output mulai 10.000 hingga 100.000 watt/100 KVA. Karena itulah, genset jenis ini menjadi yang paling dipilih untuk digunakan sebagai penyuplai daya ketika ada acara seperti hajatan, pentas seni, dan lain-lain yang membutuhkan suplai daya yang besar.

 

 

Itulah jenis-jenis generator set beserta rincian spesifikasinya. Semoga informasi ini sangat membantu anda untuk menambah pengetahuan seputar genset.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *