Mengenal Produk

Cara Memilih Mesin Bor Sesuai Kebutuhan Anda

Cara Memilih Mesin Bor Sesuai Kebutuhan Anda

Mesin bor merupakan salah satu power tools yang wajib dimiliki, bahkan meskipun anda tidak bekerja dalam bidang pertukangan. Karena banyak aktivitas pertukangan sehari-hari di rumah yang membutuhkan mesin bor listrik, agar pekerjaan tersebut dapat lebih mudah.

Mesin bor dapat anda gunakan pada berbagai media. Dari media kayu, besi, maupun tembok (beton). Tinggal menyesuaikan dengan jenis mata bornya. Namun, agar anda tidak salah dalam memilih mesin bor yang sesuai kebutuhan, pahamilah beberapa hal berikut:

 

Sumber foto: akutronik.com

Pahami Jenis Mesin Bor

Umumnya, mesin bor yang dijual di pasaran ada dua jenis, yaitu mesin drill dan impact drill. Kedua jenis ini membedakan permukaan atau media apa yang bisa dibor.

Mesin drill digunakan untuk mengebor pada bahan yang terbuat dari kayu dan besi. Pengeboran pada bahan diatas tentu saja harus menggunakan mata bor yang sesuai dengan peruntukannya. Sedangkan pada mesin impact drill, dapat digunakan untuk mengebor pada bahan yang terbuat dari kayu dan besi, dan beton.

 

Sumber foto: tokopedia.com

Perhatikan Fungsi Tombol

Fungsi tombol pada mesin impact drill tersebut adalah untuk mengubah setelan pada mesin, dimana setelan drill (gb. mata bor), untuk pengeboran kayu & besi, dan setelan impact (gb. palu), untuk pengeboran pada media berbahan beton (tembok).

Jadi, perbedaan utama pada mesin impact drill adalah adanya gaya pukulan yang dihasilkan dari mesin tersebut, fungsi inilah yang digunakan untuk mengebor pada tembok / material beton.

 

 

Sumber foto: jenisalat.com

Gunakan Mata Bor yang Tepat

Selain memahami perbedaan jenis serta fungsi tombol pada mesin bor, tidak kalah penting pula bagi anda untuk mengerti tentang jenis-jenis mata bor, agar anda tidak salah memilih.

Dalam pengebora, ada tiga media yang digunakan, yaitu besi, kayu, dan beton (semen). Setiap media menggunakan mata bor yang berbeda.

 

 

 

Sumber foto: teknikloak.inpertek.com

Mata Bor untuk Besi

Untuk media besi, digunakan mata bor yang memiliki ciri-ciri ujung mata yang melingkar, serta memiliki sudut yang tidak terlalu runcing. Jika dikelompokkan lebih spesifik lagi, mata bor HSS (High speed steel), digunakan untuk bahan besi, sedangkan mata bor cobalt, untuk bahan baja dan stainless steel.

 

 

 

Sumber foto: harga-jual.com

Mata Bor untuk Kayu

Berdasarkan bentuknya, mata bor untuk media kayu tergolong menjadi dua, yaitu mata bor kayu berbentuk lancip dan berbentuk kipas. Sebenarnya untuk pengeboran media kayu anda juga dapat menggunakan mata bor yang digunakan untuk besi. Apalagi, penggunaan mata bor besi memiliki daya tahan yang lebih baik, namun tentu saja harganya lebih mahal.

 

 

 

 

 

Sumber foto: mitratools.com

Mata Bor untuk Beton

Khusus untuk media beton, ada mata bor yang khusus digunakan, dan tidak bisa diganti dengan jenis mata bor yang lain karena harus memiliki fitur Impact drill. Mata bor beton memiliki ujung mata yang berbentuk pipih, dengan menggunakan bahan Carbide pada bagian ujungnya.

 

 

 

 

 

Semoga artikel ini dapat membantu anda menentukan jenis mesin bor yang sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *