Mengenal Produk

Kenali 5 Jenis Kunci Perkakas Beserta Kegunaannya

Kenali 5 Jenis Kunci Perkakas Beserta Kegunaannya

Meski tidak bekerja di dunia pertukangan sekalipun, kita semua pasti membutuhkan kunci perkakas dalam kegiatan sehari-hari, terutama di rumah. Alat ini memang memiliki banyak fungsi. Mulai dari untuk mengerjakan rumah, memasang keran air, memasang pigura, hingga untuk pekerjaan bersifat teknis.

Tahukah anda, kunci perkakas memiliki jenis-jenis yang beragam, dengan fungsi dan aplikasi beragam pula untuk masing-masing produk. Berikut jenis-jenis kunci perkakas yang umum kita gunakan untuk kebutuhan teknis.

 

Sumber foto: homedepot.com

1. Wrench

Produk ini banyak kita gunakan dalam kebutuhan pekerjaan teknis, seperti untuk instalasi mur-baut. Ada tiga jenis kunci dalam produk Wrench, antara lain kunci pas (Open end wrench), kunci ring (box end wrench), dan kunci ringpas (combination wrench). Simak perbedaan lebih detailnya berikut ini:

Kunci pas; digunakan untuk pemasangan mur-baut yang tidak terlalu membutuhkan kekencangan yang besar dalam penggunaannya. Kelebihannya terdapat pada kecepatan.

Kunci ring; digunakan untuk instalasi mur-baut yang membutuhkan kekencangan maksimal.

Kunci ringpas; merupakan kombinasi dari kunci ring, dan kunci pas. Kunci jenis ini dapat digunakan untuk instalasi total dari mur-baut.

 

 

Sumber foto: tekton.com

2. Screwdrivers (obeng)

Pada jenis-jenis produk screwdrivers alias obeng, bentuk mata obeng yang umum kita gunakan adalah tipe “Phillips” ( + ), “Slotted” ( – ), & “Torx”. ( * ), dengan ukuran yang beragam.

Seiring dengan semakin berkembangnya mode, akhirnya diciptakan jenis obeng lain yang disebut “Impact screwdrivers”, atau biasa disebut “obeng ketok”. Obeng jenis ini hanya digunakan untuk instalasi baut dengan kekencangan ekstra.

 

 

Sumber foto: homedepot.com

3. Socks

Perkakas ini juga paling banyak digunakan dalam instalasi mur baut. Terutama pada proses pemasangan yang kecil, sehingga tidak membuat mur-baut mengalami kerusakan.

Kunci sock digunakan untuk menghasilkan kekencangan instalasi mur-baut yang lebih maksimal. Meski demikian, perkakas ini terbilang menghasilkan resiko kerusakan dan kecelakaan kerja yang rendah, sehingga menjadikan salah satu keunggulan utama dari produk ini,

Jenis-jenis standar pada produk kunci sock yaitu 6 titik (6 Point) dan 12 titik (12 point), dengan satuan ukuran milimeter dan inchi pada pilihan spesifikasinya.

 

 

 

Sumber foto: homedepot.com

4. Pliers (Tang)

Secara umum, fungsi dari tang adalah untuk menjepit benda kerja. Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula jenis tang yang diciptakan dengan berbagai model, seperti tang buaya, tang potong, tang lancip, tang snapring dan masih banyak lagi.

Jenis tang buaya berfungsi untuk menjepit secara kuat dengan semi permanen pada penggunaannya, sedangkan tang snapring berfungsi untuk instalasi snapring.

 

 

 

 

 

Sumber foto: lowes.com

5. Hammers (Palu)

Setiap rumah pastilah memiliki perkakas wajib yang satu ini. Kegunaan utama darinya adalah untuk kebutuhan berbagai pekerjaan yang membutuhkan gaya pukul dalam penggunaannya. Hammer atau palu diciptakan dengan berbagai jenis, disesuaikan dengan fungsinya masing-masing.

 

 

 

 

 

Itulah penjelasan mengenai lima kunci perkakas yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari, lengkap dengan fungsinya yang berbeda-beda. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan anda.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *