Mengenal Produk

Inilah Jenis-jenis Masker Pernafasan yang Harus Anda Ketahui

Inilah Jenis-jenis Masker Pernafasan yang Harus Anda Ketahui

Untuk menghindari asap polusi yang banyak kita temui sehari-hari, mengenakan masker sangatlah dianjurkan. Memang benar bahwa mengenakan masker tersebut tidak dapat dikatakan dapat sebagai solusi terbaik, tetapi paling tidak dapat melindungi tubuh kita dari dampak buruk menghirup kandungan beracun dalam asap polusi.

Seiring dengan perkembangan teknologi, jenis-jenis masker menjadi semakin berkembang berdasarkan fungsi masing-masing. Ingin tahu apa saja jenis dan kegunaan masker yang berbeda-beda? Simak penjelasannya berikut!

 

Sumber foto: indiamart.com

Masker Partikel

Masker partikel ini digunakan untuk menyaring partikel-partikel yang bertebaran di udara sekitar. Sesuai standarnya, masker ini mampu menyaring partikel hingga ukuran 0.3 mikron (micron). Ada bermacam-macam jenis masker partikel berdasarkan bahan pembuatnya, ada bahan fibre dan kertas.

Masker fibre ini biasa digunakan juga untuk harian, seperti untuk berkendara (riding masker), hingga untuk industri. Masker ini bersifat disposable, yang berarti apabila selesai digunakan atau apabila kemampuan menyaring dari masker tersebut telah berkurang maka harus dibuang.

Ada juga masker partikel yang terbuat dari bahan karbon aktif. Dengan partikel yang tersaring, kualitas udara yang kita hirup selama mengenakan masker ini menjadi lebih baik kualitasnya.

 

 

Sumber foto: acehardware.com

Sementara itu, masker partikel jenis kertas memiliki kemampuan dalam penyaringan udara yang lebih baik. Dengan bentuk yang dibuat lebih rapi, disesuaikan dengan lebar pada area wajah di sekitar hidung dan mulut. Masker berbahan kertas ini memiliki kode N95 dan N100, pemberian kode tersebut berdasarkan kemampuan dari masker jenis kertas yang dapat menyaring virus yang tersebar di udara.

Masker dengan jenis bahan kertas juga lebih tahan lama daripada fibre. Satu masker dapat bertahan hingga 2 minggu, sedangkan masker jenis fibre hanya bertahan hingga 4 jam saja dengan pemakaian berkelanjutan.

 

 

 

 

 

Sumber foto: indiamart.com

Masker Chemical (Penjernih Udara)

Masker chemical umumnya memiliki filter yang terbuat dari bahan carbon active yang berfungsi untuk menetralkan udara di sekitar. Masker chemical juga diciptakan dalam berbagai tipe, dikelompokkan berdasarkan zat kimia yang dapat dinetralkannya.

Masker chemical kode NP 305 digunakan untuk kegiatan pengecatan polusi asap yang bersifat ringan dan untuk menghindari pencemaran akibat gas atau udara. Sedangkan kode NP 306 digunakan pada area yang mengandung asap dari proses kimiawi dan oksidasi, misalnya saat pengelasan, atau melindungi diri dari asap kebakaran.

Berdasarkan bentuknya, masker chemical terbagi menjadi 2 model, yaitu model single filter dan double filter.

 

 

Itulah penjelasan lengkap tentang jenis dan fungsi masker pernafasan yang beragam. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *