Mengenal Produk

Inilah 4 Jenis Pompa Air yang Wajib Anda Ketahui

Inilah 4 Jenis Pompa Air yang Wajib Anda Ketahui

Pompa air, atau yang mungkin orang-orang Indonesia lebih biasa menyebutnya sebagai “Sanyo” (nama Sanyo sendiri merupakan brand elektronik asal Jepang yang sebenarnya bukan cuma memproduksi pompa air), adalah alat yang berfungsi untuk menghisap air dari permukaan yang rendah ke permukaan yang tinggi dengan menggunakan energi listrik.

Penggunaan pompa air adalah untuk mempermudah kita dalam mengalirkan air ke dalam saluran air di rumah untuk selanjutnya dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Cara kerja pompa air adalah dengan menghisap air dari sumber air (Sumur / PDAM), kemudian diedarkan ke dalam pipa saluran air yang ada pada rumah atau pada tandon air.

Berikut ini empat jenis pompa air yang harus anda ketahui:

 

Sumber foto: jualelektronik.com

Pompa air sumur dangkal

Pompa air ini hanya digunakan untuk penggunaan ringan, karena daya hisapnya (Suction head) yang hanya bisa mencapai maksimal kedalaman 9 meter saja.

 

 

 

Sumber foto: tokopedia.com

Pompa air sumur dalam

Pompa ini digunakan untuk menghisap air dengan kedalaman lebih dari 9 meter. Pompa ini memiliki Jet Injector yang berfungsi untuk menguatkan daya pancar dari air yang dihisap.

Pompa air sumur dalam terdiri dari pompa air semi jet (semi jet pump) dan pompa air jet (jet pump). Perbedaan utama dari keduanya adalah pada keberadaan tabung yang dapat menambah kekuatan pada daya hisap dan daya pancar pompa jet. Pada pompa air jet terdapat tabung, sedangkan semi jet tidak.

 

Sumber foto: bhinneka.com

Pompa celup

Sesuai dengan namanya, pompa ini bekerja dengan cara dicelupkan ke dalam air, karakteristik dari pompa celup adalah daya pancar air maksimal yang dapat dihasilkan dari pompa celup berkisar 5 meter.

 

 

 

 

Sumber foto: jualelektronik.com

Pompa booster

Berbeda dengan jenis pompa lain yang dipasang di dekat sumber air, pompa booster dipasang di tengah instalasi pipa air. Karena pompa booster adalah pompa air penunjang yang hanya berfungsi sebagai penguat pancaran atau aliran air pada pipa saluran air yang terdapat pada rumah atau bangunan tersebut.

Pompa booster umumnya hanya digunakan ketika daya pancar dari pompa air dirasa kurang kuat atau sebagai penunjang pada alat yang memerlukan standar pada debit air sebagai input agar alat tersebut dapat beroperasi maksimal, misalnya pada Water heater.

 

Itulah keempat jenis pompa air yang selama ini banyak digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *