Mengenal Produk

Jenis-Jenis Alat Ukur Panjang Yang Populer di Dunia Pertukangan

Jenis-Jenis Alat Ukur Panjang Yang Populer di Dunia Pertukangan

Dalam kegiatan pengukuran, tentunya dibutuhkan sebuat alat pertukangan yang presisi dan akurat dalam mengukur media yang akan kita ukur. Alat pengukuran juga menjadi acuan dari ketepatan hasil ukur dari media dan benda tertentu yang anda inginkan. Sayangnya tak semua alat ukur bisa digunakan untuk mengukur dengan maksimal. Misalnya anda tidak mungkin memakai penggaris ukuran 30 cm untuk mengukur luas rumah. Berikut adalah beberapa jenis alat ukur yang populer dalam dunia pertukangan:

 

Mistar

Penggaris yang satu ini memiliki ukuran yang beragam dan juga memiliki ukuran ketelitian sampai 0,5 mm. Alat ukur yang satu ini banyak dipakai untuk mengukur bidang dengan dimensi yang lebih kecil. Contohnya dalam dunia pertukangan, mistar banyak dipakai untuk mengukur ubin maupun gambar sketsa yang ada untuk keperluan arsitek bangunan.

 

 

Meteran

Alat ukur ini memiliki pita ukur yang sangat panjang atau disebut sebagai roll meter. Jadi tak heran kalau alat ini sangat fleksibel dipakai untuk pengukuran jarak yang lebih panjang, misalnya mengukur luas rumah. Alat ini juga bisa dibawa kemana saja dengan mudah. Sangat sering kita melihat orang melakukan pengukuran tanah dan berbagai jenis bangunan lainnya dengan memakai alat meteran ini.

 

 

Jangka Sorong

Alat lainnya yang juga bisa dipakai untuk pengukuran adalah jangka sorong. Alat ini memiliki dua bagian, yaitu bagian yang bisa bergerak, dan satunya lagi bagian yang diam. Alat ini juga digadang-gadang memiliki tingkat ketelitian yang lebih kecil, yaitu sampai 0,05 mm. Alat inni biasanya dipakai di kawasan pabrik dan bengkel karena mereka membutuhkan ukuran yang betul-betul akurat dan variasi. Alat ukur yang satu ini sangat penting untuk mengukur ukuran barang yang hendak diproduksi dengan tingkat presisi yang tak perlu diragukan lagi.

 

Mikrometer Sekrup

Serupa namanya, alat ini digunakan untuk mengukur ukuran yang lebih micro atau kecil. Tentunya alat ini mampu memberikan tingkat ketelitian ukuran mencapai 0,01 mm. Biasanya alat ini banyak dipakai untuk mengukur ketebalan dari benda-benda tertentu seperti aluminium, baja, kawat, dan alat-alat lainnya. Penggunaan micrometer ini juga banyak diterapkan untuk benda-benda yang membutuhkan alat ukur lebih presisi.

 

Dengan memiliki pengetahuan tentang alat-alat ukur yang beragam, maka kita akan tau bagaimana cara memfungsikan alat tersebut dengan baik. Alhasil, penggunaanya pun akan menjadi tepat sasaran dan bisa mengukur media yang cakupannya luas atau kecil dengan akurasi tinggi. Ukuran yang tepat akan membuahkan hasil yang maksimal pula sehingga mampu memenuhi harapan dari orang-orang itu sendiri ketika melakukan tugasnya di dunia arsitek maupun pertukangan. Namun, untuk sekedar alat yang bisa dipakai di rumah, setidaknya keberadaan meteran sangat diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *