Jenis Kaca Dan Fungsi Umum

Kaca sudah termasuk sebuah kebutuhan yang vital di dalam rumah, kegiatan pekerjaan di kantor dan juga dalam kegiatan sehari hari. Termasuk pula Kota Kupang, yang mana sedang berkembang, tentu pula akan ada kebutuhan akan kaca. Kami telah menyediakan beberapa pilihan kaca. Dengan demikian jika anda bingung mencarinya, sudah tidak perlu lagi untuk bingung, karena sudah lebih mudah mendapatkannya.

Kaca dapat dibuat untuk berbagai macam kebutuhan. Ada pabrik berskala besar dan kecil yang membuat kaca. Berikut adalah beberapa tipe kaca yang umum :

  • Kaca Polos

Kaca ini sering juga disebut sebagai float glass. Kaca ini transparant tidak berwarna, memiliki permukaan yang sangat bersih, rata dan bebas distorsi. Kaca ini adalah kaca yang memberikan tingkat tembus cahaya yang paling tinggi. Biasanya kaca ini dipakai pada jendela , pintu rumah rumah atau kantor dengan tingkat gedung yang tidak terlalu tinggi, akuarium , lemari lemari.

 

  • Kaca Riben

Kaca ini biasa disebut juga Tinted Glass. Kaca ini biasa sering digunakan untuk tempat atau ruangan yang perlu privasi. Ada juga karena sifatnya yang sulit ditembus sinar matahari, maka akan membuat kinerja pendingin ruangan di tempat itu menjadi lebih ringan kerjanya. Semakin tebal kacanya, maka akan semakin gelap.  Aplikasinya bisa pada kaca jendela, kaca pintu , atau juga lemari lemari.

 

  • Kaca Es

Kaca Es adalah kaca yang berpola seperti es beku / patterned / obsecured glass. Kaca biasa digunakan untuk ruangan yang membutuhkan privasi , namun tetap membiarkan sinar dapat masuk dengan baik, sehingga terangnya ruangan dapat tercapai dengan baik. Paling sering digunakan pada ruangan kamar mandi dan partisi ruangan privat.

  • Kaca One Way

Kaca ini sering juga disebut kaca cermin 2 arah. Aplikasinya sering pada exterior gedung bertingkat. Kaca ini pada 1 sisi akan bersifat seperti cermin yaitu memantulkan refleksi, sedangkan di 1 sisi seperti kaca riben , dimana kita bisa melihat tembus keluar.

  • Kaca Tempered

Kaca ini sering digunakan pada mobil, kaca kaca besar pada tempat umum, pintu besar. Kaca tempered adalah kaca polos biasa yang diproses lagi oleh pabrik dengan memanaskan secara berulang ulang / proses temper. Kaca ini jika pecah maka, akan menjadi bentuk pecahan yang kecil kecil sehingga tidak lagi terlalu membahayakan orang sekitarnya.

  • Kaca Laminasi

Kaca ini adalah kaca tempered yang diproses lagi dengan proses laminasi. Jika kaca ini pecah , maka akan ada semacam lapisan film plastik yang menahan agar pecahan kacanya tidak jatuh. Kaca ini biasanya sering diaplikasikan pada atap gedung tinggi , kaca kaca antipeluru, dan kaca mobil.

Jaya Wira Lestari menyediakan beberapa pilihan kaca polos dan riben. Jika memerlukan kaca , tinggal sebutkan pada kami ukuran berapa , maka kami akan menghitungkan biayanya untuk anda. Berikut adalah alamat dan kontak kami:

 

Jaya Wira Lestari

Jalan Perwira 6

(Belakang SMP5 – Walikota)

Kupang – NTT

Klik ini untuk ke Facebook Page kami

 

Jenis-Jenis Kunci Yang Wajib Dimiliki di Dunia Pertukangan

Jenis-Jenis Kunci Yang Wajib Dimiliki di Dunia Pertukangan

Dalam dunia pertukangan ada banyak ragam alat yang wajib dimiliki untuk mempermudah aktivitas terseebut.  Salah satu alat yang memiliki fungsi signifikan adalah kunci. Kunci juga banyak digunakan daam dunia pertukangan untuk membuka mur yang menancap dengan erat. Mengingat bentuk mur yang digunakan beragam, maka kunci yang dipilih pun juga harus tepat. Misalnya untuk mur ukuran 10, anda tak mungkin membukanya dengan kunci 16 karena pasti akan kebesaran kalau dipakai. Berikut ada beberapa jenis kunci yang wajib dipertimbangkan untuk dimiliki mereka yang terjun dalam dunia pertukangan itu sendiri.

 

Kunci Inggris

Kunci inggris meerupakan alat yang dipakai untuk melepas mur atau baut yang menancap kuat. Alat juga memiliki tipe adjustable atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya untuk baut yang ukurannya terlampau besar, kunci inggris ini bisa di-set sedemikian rupa supaya bisa dipakai dengan baik. Untuk perawatannya, kunci inggris ini sebaiknya sering dibersihkan dengan menggunakan kain bersih. Hal ini akan mencegah oli dan kotoran menempel di alat tersebut sehingga mengurangi performanya.

 

 

Kunci Ring

Kunci yang satu ini paling sering dilihat dalam dunia perbengkelan. Tentu saja dalam dunia pertukangan juga banyak sekali dilihat. Kunci ini memiliki ujung berbentuk ring yang memudahkan penggunanya untuk memutar baut atau mur yang besar dengan lebih cepat. Kunci ini memiliki berbagai jenis ukuran yang pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk merawat kunci ini sama seperti kunci inggris diatas. Setelah dipakai sebaiknya langsung dibersihkan dengan kain yang bersih supaya tidak membimbulkan kerusakan.

 

 

 

 

Kunci Pas

Kunci pas ini biasaya dibawa kemana-mana karena memiliki fungsi yang spesifik. Biasanya dibawa didalam jok kendaraan bermotor. Kunci ini memiliki kegunaan untuk memasang mur, ataupun melepas mur dengan ukuran tertentu. Kunci ini sebaiknya dibungkus atau disimpan di kotak. Jangan diletakan sembarangan agar bisa tetap awet dipakai dalam waktu yang lama.

 

 

 

 

 

Kunci Soket

Jenis kunci yang satu ini serupa dengan kunci pas, hanya saja bentuknya lebih spesifik. Kegunaanya adalah untuk membuka mur atau baut yang dipasang terlalu dalam yang tak memungkinkan bagi kunci pas atau kunci ring biasa untuk menjangkaunya. Cukup dengan tancapkan saja ujungnya di mur yang akan dilepas kemudian diputar seperti biasa. Soket juga bisa dilepas dan dipasang seperti bor. Jadi akan memudahkan pemakai untuk menggunakannya secara tak terbatas

 

Kunci Allen

Kunci ini terkenal dengan sebutan kunci “L” karena memang bentuknya melengkung seperti huruf “L” itu sendiri. Kunci ini memiliki ragam ukuran yang variatif mulai dari 1 mm sampai dengan 9 mm. Kunci ini biasanya dipakai untuk memasang dan menutup sekrup set.

 

 

 

Jenis-Jenis Alat Ukur Panjang Yang Populer di Dunia Pertukangan

Jenis-Jenis Alat Ukur Panjang Yang Populer di Dunia Pertukangan

Dalam kegiatan pengukuran, tentunya dibutuhkan sebuat alat pertukangan yang presisi dan akurat dalam mengukur media yang akan kita ukur. Alat pengukuran juga menjadi acuan dari ketepatan hasil ukur dari media dan benda tertentu yang anda inginkan. Sayangnya tak semua alat ukur bisa digunakan untuk mengukur dengan maksimal. Misalnya anda tidak mungkin memakai penggaris ukuran 30 cm untuk mengukur luas rumah. Berikut adalah beberapa jenis alat ukur yang populer dalam dunia pertukangan:

 

Mistar

Penggaris yang satu ini memiliki ukuran yang beragam dan juga memiliki ukuran ketelitian sampai 0,5 mm. Alat ukur yang satu ini banyak dipakai untuk mengukur bidang dengan dimensi yang lebih kecil. Contohnya dalam dunia pertukangan, mistar banyak dipakai untuk mengukur ubin maupun gambar sketsa yang ada untuk keperluan arsitek bangunan.

 

 

Meteran

Alat ukur ini memiliki pita ukur yang sangat panjang atau disebut sebagai roll meter. Jadi tak heran kalau alat ini sangat fleksibel dipakai untuk pengukuran jarak yang lebih panjang, misalnya mengukur luas rumah. Alat ini juga bisa dibawa kemana saja dengan mudah. Sangat sering kita melihat orang melakukan pengukuran tanah dan berbagai jenis bangunan lainnya dengan memakai alat meteran ini.

 

 

Jangka Sorong

Alat lainnya yang juga bisa dipakai untuk pengukuran adalah jangka sorong. Alat ini memiliki dua bagian, yaitu bagian yang bisa bergerak, dan satunya lagi bagian yang diam. Alat ini juga digadang-gadang memiliki tingkat ketelitian yang lebih kecil, yaitu sampai 0,05 mm. Alat inni biasanya dipakai di kawasan pabrik dan bengkel karena mereka membutuhkan ukuran yang betul-betul akurat dan variasi. Alat ukur yang satu ini sangat penting untuk mengukur ukuran barang yang hendak diproduksi dengan tingkat presisi yang tak perlu diragukan lagi.

 

Mikrometer Sekrup

Serupa namanya, alat ini digunakan untuk mengukur ukuran yang lebih micro atau kecil. Tentunya alat ini mampu memberikan tingkat ketelitian ukuran mencapai 0,01 mm. Biasanya alat ini banyak dipakai untuk mengukur ketebalan dari benda-benda tertentu seperti aluminium, baja, kawat, dan alat-alat lainnya. Penggunaan micrometer ini juga banyak diterapkan untuk benda-benda yang membutuhkan alat ukur lebih presisi.

 

Dengan memiliki pengetahuan tentang alat-alat ukur yang beragam, maka kita akan tau bagaimana cara memfungsikan alat tersebut dengan baik. Alhasil, penggunaanya pun akan menjadi tepat sasaran dan bisa mengukur media yang cakupannya luas atau kecil dengan akurasi tinggi. Ukuran yang tepat akan membuahkan hasil yang maksimal pula sehingga mampu memenuhi harapan dari orang-orang itu sendiri ketika melakukan tugasnya di dunia arsitek maupun pertukangan. Namun, untuk sekedar alat yang bisa dipakai di rumah, setidaknya keberadaan meteran sangat diperlukan.

Alat-Alat Pertukangan Sederhana Yang Harus Anda Miliki di Rumah

Alat-Alat Pertukangan Sederhana Yang Harus Anda Miliki di Rumah

Siapa bilang alat-alat pertukangan hanya bisa dimiliki oleh para tukang? Pastikan anda menyediakan beberapa alat pertukangan penting untuk keperluan rumah. Mungkin saat ini anda merasa tidak membutuhkannya. Tapi jangan salah! Pada saat anda membutuhkan alat-alat tersebut, anda akan kewalahan kalau sampai tidak memilikinya. Pekerjaan rumah pun akan menjadi terhambat dan anda harus membelinya di took bangunan. Supaya tidak terlambat, alangkah baiknya kalau sedia payung sebelum hujan.

 

Palu

Tak bisa dipungkiri bahwa palu merupakan alat penting yang wajib anda miliki didalam rumah. Pasalnya fungsi dari alat tersebut memang sejak awal sangat penting unuk memudahkan proses pertukangan sederhana yang anda lakukan di rumah, misalnya menancapkan paku di tembok, memukul batu, dan lain sebagainya. Karena ini hanya sebagai alat rumahan saja, maka palu yang kecil saja sudah cukup.

 

 

Obeng Plus dan Minus

Ada dua jenis obeng yang juga harus anda miliki didalam rumah, yaitu obeng plus dan minus. Jangan hanya memiliki salah satunya saja. Obeng dengan mata plus akan susah digunakan kalau medianya ternyata memerlukan obeng minus. Jadi anda juga harus perhatikan macam-macam kepala yang dimiliki oleh obeng tersebut. Selain memperhatikan kepalanya, anda juga harus memperhatikan ukurannya. Karena ada kalanya membutuhkan obeng yang lebih besar untuk perkakas yang lebih kuat.

 

 

Tang

Tang menjadi media yang sangat penting untuk memotong kabel dan juga media-media lain dalam pertukangan sederhana. Tang merupakan alat yang penting untuk digunakan memotong kawat yang kuat. Bahkan dalam beberapa kasus, tang juga penting untuk mencabut paku yang menancap di tembok atau media lainnya.

 

 

 

Kapak

Anda juga perlu memiliki kapak untuk mengupas benda-benda tertentu yang sangat keras dan tak bisa dibelah hanya dengan menggunakan gergaji belaka. Dengan bentuk yang presisi dan tajam, kapak tentunya menjadi alat tercepat untuk membelah dan memotong benda-benda tertentu menjadi beberapa bagian. Tak heran kalau di pedesaan, alat pertukangan yang satu ini sangat populer dipakai untuk membelah kayu dan beberapa media lainnya menjadi dua atau tiga bagian.

 

Kunci Inggris

Nah, alat yang satu ini juga punya fungsi yang sangat penting, yaitu untuk membuka mur yang dipasang dengan berbagai ukuran. Terkadang dengan memakai kunci saja tidak cukup. Karena kunci biasa yang anda miliki memiliki ukuran yang beragam. Dengan menggunakan kunci inggris, sudah pasti anda akan bisa membuka mur jenis apapun dan sebesar apapun dengan mudah.

 

 

 

Meteran

Alat lainnya yang juga wajib untuk dimiliki di rumah adalah meteran. Dengan adanya alat ini maka anda pun akan bisa melakukan pengukuran dengan mudah. Alat ini sederhana dan diremehkan keberadaanya. Tapi saat kita butuh, kita akan bingung dimana harus pinjam atau mendapatkannya.

Jenis-Jenis Alat Pertukangan Modern Yang Banyak Digunakan

Jenis-Jenis Alat Pertukangan Modern Yang Banyak Digunakan

Di era modern, banyak sekali jenis alat pertukangan yang digunakan. Hal ini menunjukan bahwa alat dalam bidang teknik ini semakin lama semakin berkembang pesat. Lambat laun memang alat pertukangan manual sekaan kian tertinggal. Tetapi, alat pertukangan modern sejatinya memang cukup efektif untuk mempermudah proses pekerjaan yang dilakukan oleh para pekerja tersebut. Apalagi jika alat modern tersebut sering digunakan maka akan menambah pengalaman bagi sang tukang itu sendiri. Berikut adalah jenis-jenis alat pertukangan modern yang banyak digunakan di era modern:

 

Mesin Serut Modern

Alat pertama yang sering digunakan adalah mesin serut. Alat ini biasanya digunakan untuk membuat permukaan meja, kursi dan furniture menjadi rata dengan cepat. Dengan presisi dan kecepatan yang bagus, tentu alat ini akan mempermudah kerja dari para tukang itu sendiri. Biasanya alat ini banyak dipakai oleh para tukang yang hendak meratakan bagian pada jendela, pintu dan juga media-media furniture rumah yang lain.

 

 

Mesin Gergaji Modern

Alat selanjutnya yang juga banyak digunakan adalah mesin gegaji. Alat ini sesuai dengan namanya yaitu dipakai untuk membelah bagian dari papan atau balok. Alat ini tentunya akan membuat pekerjaan tukang dalam membelah kayu atau media apapun menjadi lebih cepat. Di sisi lain, alat ini juga sangat praktis dan mudah digunakan sehingga tidak menguras waktu pada saat ingin membelah benda-benda yang terasa berat jika dieksekusi secara manual.

 

 

 

 

Mesin Bor

Alat yang satu ini juga sangat banyak ditemukan dalam dunia pertukangan. Memang fungsinya sangat penting untuk membuat lubang di sudut tertentu dalam rumah. Misalnya saja membuat lubang paku di tembok, lubang kunci, lubang mur, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan bor, maka hasilnya pun juga akan rapi dan tidak membuat retak media yang dilubangi tersebut. Alat ini juga bisa mengebor media tertentu dengan ukuran yang presisi menggunakan mata bor yang beragam.

 

 

 

 

Palu Kecil dan Palu Besar

Tak semuanya palu bisa digunakan untuk berbagai memukul media dengan maksimal. Oleh karena itu, palu pun juga dibagi menjadi dua pilihan, yaitu palu besar dan palu kecil. Palu besar digunakan untuk memalu media dengan permukaan yang lebih besar. Sementara palu kecil dipakai untuk memukul permukaan yang lebih kecil.

 

 

 

Catut dan Tank

Catut sangat penting fungsinya untuk memanggil benda-benda yang menancap dalam material yang digunakan dalam pertukangan. Dengan menggunakan catut maka benda tersebut akan bisa diambil dengan mudahnya. Alat ini juga cukup familiar ditemukan dalam dunia pertukangan. Pasalnya fungsi dari benda itu sendiri juga sangat mudah digunakan. Selain bisa dipakai untuk mengambil benda yang menancap, tank juga bisa dipakai untuk memotong kabel tertentu.

Tips Merawat Alat Pertukangan Supaya Tetap Awet

Tips Merawat Alat Pertukangan Supaya Tetap Awet

Alat pertukangan modern yang menggunakan teknologi listrik memiliki risk atau resiko yang lebih besar dibandingkan dengan alat manual. Tentu saja perawatan yang diberikan terhadapnya juga harus lebih maksimal dibandingkan dengan alat biasa pada umumnya. Supaya bisa berumur panjang, para pekerja atau pemilik alat tersebut harus tau bagaimana caranya menggunakannya. Pemakaian yang sembrono akan berdampak merugikan. Bahkan anda mungkin harus membeli alat tersebut terus menerus akibat sering gonta-ganti karena pemakaian yang salah. Perawatan yang benar bisa menjamin anda untuk bisa memakainya sampai 5 tahun hingga 10 tahun kedepan. Bahkan dalam jangka panjang pemakaiannya bisa lebih lama dari itu. Berikut adalah tips merawat alat pertukangan yang bisa anda terapkan.

 

Jangan Lupa Mengecek Secara Berkala Alat Yang Digunakan

Banyak orang yang mengabaikan hal ini. Beberapa titik yang harus anda cek secara berkala antara lain adalah kabel dan juga stop kontaknya. Jika menurut anda sudah dua komponen tersebut sudah tak layak pakai, sudah saatnya anda mengganti dengan yang baru. Beberapa komponen inti dari alat yang digunakan memang harus diperhatikan. Karena kerusakan yang kecil saja bisa memberikan dampak yang besar. Apabila anda memang berniat mengganti komponen tersebut, disarankan membeli komponen pengganti dengan kualitas yang original, atau kualitas terbaik.

 

 

Jika Sudah Tak Digunakan Lagi, Cabutlah Kabelnya

Alat yang sudah tak digunakan lagi sebaiknya kabelnya dicabut saja. Hal ini penting untuk mengistirahatkan mesin yang ada dalam alat yang anda gunakan tersebut, misalnya bor, gergaji mesin, dan lain sebagainya. Masing-masing alat pertukangan memiliki ketahannya sendiri, namun dengan cara yang simple semacam ini akan mampu mempertahankan usianya sampai waktu yang lama. Selain bisa membuat alat pertukangan lebih awet, hal ini juga mencegah anda dari bahaya jika kelupaan memencet tombol ON atau menyalakan mesin tersebut disaat kondisi tak sengaja.

 

Pertimbangkan Memakai Stavolt Agar Tidak Merusak Listrik di Rumah

Voltase listrik yang tidak stabil merupakan issue yang banyak terjadi dalam dunia pertukangan. Ketika anda menyalakan alat yang berhubungan dengan mesin, maka daya tarik listrik awalnya akan tiba-tiba besar! Dalam kondisi yang tak terduga, hal ini akan menyebabkan alat yang anda gunakan rusak secara tiba-tiba. Parahnya lagi, hal ini bisa merusak komponen listrik yang ada di rumah apabila masalah ini terus menerus terjadi. Pastikan menggunakan stavolt agar pekerjaan menjadi lebih mudah dan terhindar dari listrik yang unstable ketika bekerja.

 

Jangan Lupa Menyimpan Peralatan Pertukangan Di Tempan Aman

Simpanlah alat yang sudah digunakan pada tempatnya. Jangan meletakannya sembarangan karena komponen-komponen yang tajam terkadang bisa melukai anda atau orang lain yang tak sengaja menyenggolnya. Satu hal yang pasti, jangan simpan di tempat yang basah atau lembab! Simpan di tempat yang kering karena alat pertukangan listrik rentan kerusakan saat berada di tempat yang berair.

Tips Mempersiapkan Alat Pertukangan Yang Dipakai Bekerja

Tips Mempersiapkan Alat Pertukangan Yang Dipakai Bekerja

Guna menunjang hasil kerja yang baik untuk para tukang, tentu saja dibutuhkan alat-alat pertukangan yang berkualitas dan memadai. Tak hanya itu saja, perawatan juga harus dilakukan dengan benar terhadap alat-alat tersebut supaya tetap durable dan siap dipakai kapan saja dibutuhkan. Satu hal yang perlu diingat para tukang sebelum memulai pekerjaanya adalah mengetahui jenis-jenis alat pertukangan yang akan digunakan. Meskipun terlihat cukup basic, namun hal ini tidak boleh diremehkan.  Mengingat alat pertukangan yang kelihatannya cukup simple bisa membuat bingung kalau sampai tidak tersedia atau lupa membawanya. Berikut adalah sejumlah alat pertukangan yang wajib dimiliki sebelum memulai pekerjaan.

Alat Pertukangan Yang Utama

Pertama, alat pertukangan yang terpenting dimulai dari benda-benda yang memiliki fungsi signifikan untuk bekerja, benda tersebut antara lain adalah palu, gergaji, bor, kuas, sendok semen, pemotong ubin, dan lain sebagainya. Butuh teknik yang tepat dan juga akurat untuk bisa memakai alat-alat tersebut dengan baik. Karena itu jangan heran kalau masing-masing tukang bisa menciptakan hasil yang berbeda terhadap apa yang mereka kerjakan. Hasil kerja dari tukang A belum tentu sama persis dengan hasil kerja dari tukang B. Mengingat mereka punya experience dan style sendiri dalam menggunakan alat-alat tersebut. Selain itu, alat pertukangan utama lainnya yang juga banyak dikenal adalah aneka obeng, tang, trowel, skop, dan lain sebagainya.

Alat Pendukung Pertukangan

Selain alat utama, ada juga alat pendukung yang fungsinya sangat signifikan. Sebagai alat pendukung, tentu saja fungsinya sangat membantu dalam membuat sesuatu yang dikerjakan lebih mudah dan cepat selesai. Sebetulnya, tanpa alat pendukung pun pekerjaan akan bisa selesai. Tapi akan terasa sangat susah dan lebih memakan waktu lama dalam melakukannya. Disamping itu, alat pendukung akan meminimalisir kesalahan dalam pekerjaan dan membuat hasil kerja nantinya lebih perfect. Apa saja peralatan pembantu tersebut? Mereka antara lain adalah pensil, spidol, saringan pasir, untang anting, dan lain sebagainya. Contoh nyata bisa dilihat dari kegunaan pensil atau spidol yang penting untuk menandai atau menggarisi media yang akan dipotong. Tanpa adanya tanda yang dibuat, biasanya pekerja akan kesulitan menentukan secara rinci apa yang harus dilakukan nanti.

 

Tentang Alat Pertukangan Yang Manual Dan Elektrik

Definisi alat pertukangan sendiri dibagi menjadi dua macam, yaitu manual dan electric. Alat pertukangan yang manual biasanya sudah tak banyak dipakai kecuali dalam kondisi tertentu. Kebanyakan pekerja lebih menyukai memakai alat pertukangan yang modern karena fungsinya yang membuat pekerjaan lebih efisien dilakukan, hemat tenaga, dan juga hemat biaya. Tapi sebagai alat yang lebih modern, tentu saja diperlukan kewaspadaan ekstra pada saat menggunakannya. Selain itu, alat ini juga menggunakan listrik yang tentu bisa memangkas biaya dari segi yang lain.

Inilah 4 Jenis Pompa Air yang Wajib Anda Ketahui

Inilah 4 Jenis Pompa Air yang Wajib Anda Ketahui

Pompa air, atau yang mungkin orang-orang Indonesia lebih biasa menyebutnya sebagai “Sanyo” (nama Sanyo sendiri merupakan brand elektronik asal Jepang yang sebenarnya bukan cuma memproduksi pompa air), adalah alat yang berfungsi untuk menghisap air dari permukaan yang rendah ke permukaan yang tinggi dengan menggunakan energi listrik.

Penggunaan pompa air adalah untuk mempermudah kita dalam mengalirkan air ke dalam saluran air di rumah untuk selanjutnya dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Cara kerja pompa air adalah dengan menghisap air dari sumber air (Sumur / PDAM), kemudian diedarkan ke dalam pipa saluran air yang ada pada rumah atau pada tandon air.

Berikut ini empat jenis pompa air yang harus anda ketahui:

 

Sumber foto: jualelektronik.com

Pompa air sumur dangkal

Pompa air ini hanya digunakan untuk penggunaan ringan, karena daya hisapnya (Suction head) yang hanya bisa mencapai maksimal kedalaman 9 meter saja.

 

 

 

Sumber foto: tokopedia.com

Pompa air sumur dalam

Pompa ini digunakan untuk menghisap air dengan kedalaman lebih dari 9 meter. Pompa ini memiliki Jet Injector yang berfungsi untuk menguatkan daya pancar dari air yang dihisap.

Pompa air sumur dalam terdiri dari pompa air semi jet (semi jet pump) dan pompa air jet (jet pump). Perbedaan utama dari keduanya adalah pada keberadaan tabung yang dapat menambah kekuatan pada daya hisap dan daya pancar pompa jet. Pada pompa air jet terdapat tabung, sedangkan semi jet tidak.

 

Sumber foto: bhinneka.com

Pompa celup

Sesuai dengan namanya, pompa ini bekerja dengan cara dicelupkan ke dalam air, karakteristik dari pompa celup adalah daya pancar air maksimal yang dapat dihasilkan dari pompa celup berkisar 5 meter.

 

 

 

 

Sumber foto: jualelektronik.com

Pompa booster

Berbeda dengan jenis pompa lain yang dipasang di dekat sumber air, pompa booster dipasang di tengah instalasi pipa air. Karena pompa booster adalah pompa air penunjang yang hanya berfungsi sebagai penguat pancaran atau aliran air pada pipa saluran air yang terdapat pada rumah atau bangunan tersebut.

Pompa booster umumnya hanya digunakan ketika daya pancar dari pompa air dirasa kurang kuat atau sebagai penunjang pada alat yang memerlukan standar pada debit air sebagai input agar alat tersebut dapat beroperasi maksimal, misalnya pada Water heater.

 

Itulah keempat jenis pompa air yang selama ini banyak digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.